Lalalalalala.. Masak

Sudah setahun lebih kali ya ga update atau sekedar post apa gitu di sini.

Berhubung sudah menikah, semakin (sok) sibuk dan mungkin karena sudah tambah dewasa (lol) jadinya sekarang punya hobi baru yaitu masak-apa-gitu-bole-nyontek-resepnya-dari-internet.

Di postingan kali ini mau coba share cara bikin “Rijeg Maki”.

Rijeg = nama panggilan saya recenty.

Maki = menggulung.

Rijeg Maki kali ini lebih berwarna karena dalam rangka mengosongkan isi kulkas.

 

Yang harus disiapkan:

# Nori lebar (beli di hypermart / farmers market)

# Gulungan sushi (kalau ga punya bisa pakai plastik bening sebagai alas dan gulungan)

# Nasi:

1. Beras dan beras ketan

2. Royco rasa ayam

3. Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:

Cuci beras dan beras ketan sampai bersih, sebelum dimasak di magicom kasi royco rasa ayam dan minyak goreng secukupnya, lalu aduk-aduk. Masak hingga matang.

 

Sambil nunggu nasinya matang, siapin isian Rijeg Maki ini.

# Isian:

1. Telur dadar

Resep telur dadar mah udah pada tau lah ya. Tinggal kocok lepas telur, taburi irisan bawang merah atau bawang bombay atau bawang daun dan bawang putih, kasi garem dan gula atau even royco rasa ayam lebihan masak beras tadi, irisan cabe rawit dan biar agak tebal kasi sedikit tepung terigu. Aduk-aduk lagi terus masak di penggorengan. Dinginkan, terus iris-iris persegi panjang.

2. Daging hamburger farmhouse

Kenapa pake ini? Karena sebelumnya saya bikin sandwich yang isiannya hamburger farmhouse, jadi ini semacam lebihannya. Digoreng sampai matang, terus iris-iris memanjang juga.

3. Timun

Ini sama, tinggal diiris-iris ukuran korek api.

4. Tomat

Yes, kali ini pake tomat. Diiris persegi panjang juga.

 

# Saus cocolan

1. Kecap Asin ABC (biar hemat tapi memang jadi asin tapi tetep OK)

2. Irisan cabe rawit biar pedesnya nendang.

 

Setelah semuanya siap, giliran menggulung semuanya.

1. Taruh nori lebar di atas gulungan sushi

2. Ratakan nasi yang sudah matang, tapi jangan sampai semua permukaan nori tertutup

3. Taruh isian tadi di dekat ujung nori yg tertutup nasi

4. Gulung sambil ditekan-tekan sampai terasa semuanya padat menyatu

5. Sudah. Ambil lalu potong-potong biar cantik.

 

And here’s the picture of mine. Lumajan lah ya..

Rijeg Maki

 

Dan from now on, saya akan coba share masakan-masakan Rijeg yang lain biar blog nya hidup kembali 🙂

Advertisements

~ by zkaeatworld on July 22, 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: